Wednesday, March 19, 2008

Tidak tidur setelah minum susu

Q: Saya khawatir bahwa bayi saya akan terlalu gemuk. Hampir segera saya meletakkannya kembali ia mulai menangis meminta susu

A: Bayi anda memang akan menjadi bayi yang gemuk bila anda segera memberinya susu lagi setelah dia mendapatkan susu dalam jumlah cukup. Bayi menangis bukan hanya karena lapar, tetapi ada sebab-sebab lain, dan mungkin anda salah mengartikannya. Beberapa sebab tersebut :

1. Mungkin ia merasa sulit untuk tidur nyenyak. Biarkan ia mengurus dirinya sendiri untuk beberapa menit, mungkin ia dapat mengatasinya sendiri.

2. Mungkin bayi anda memang belum siap untuk tidur dan menangis karena minta ditemani bukan minta susu. Cobalah bermain dan bercakap-cakap dengannya.

3. Mungkin ia hanya merasa sedikit tidak tenang. Bantu dia dengan sedikit mengayun-ngayunkannya atau tenangkan dengan cara lain.

4. Mungkin juga perutnya kembung. Dan dalam keadaan ini, penambahan susu hanya akan memperparah keadaan. Cobalah untuk membantunya bersendawa dengan meletakkannya di pangkuan atau bahu anda dan dengan lembut gosok punggungnya (pastikan juga bahwa anda membantunya bersendawa beberapa kali dalam satu kali masa menyusui).

5. Bisa juga masalahnya adalah cara anda meletakkannya di tempat tidur.

6. Atau masalahnya sementara: yaitu ia sedang mengalami masa pertumbuhan yang pesat dan membutuhkan banyak makanan.

No comments: